Pertumbuhan pengguna layanan jejaring sosial dan komunitas di Indonesia sangat pesat belakangan ini. Tak heran jika kemudian sejumlah operator telekomunikasi berlomba untuk menjaringnya.
Pesatnya pertumbuhan mungkin bisa mengacu pada situs jejaring Facebook yang kini memiliki pengguna aktif lebih dari 11 juta di Indonesia. Jumlahnya meningkat 13 kali lipat dibanding akhir 2008 lalu yang hanya berkisar 800 ribu.
Selain untuk bersilaturahim dengan kawan dan kerabat, jejaring sosial juga kerap digunakan sebagai media untuk saling berinteraksi dengan para netter yang memiliki persamaan minat. Maka, terbentuklah beragam komunitas di Internet yang jumlahnya kian banyak.
Potensi ini yang kemudian dibidik sejumlah operator. Telkomsel adalah contoh paling anyar. Operator ini coba mengoptimalkan kembali MyPulau, situs jejaring sosial dan komunitas yang telah dibangunnya sejak 2007.
"Sejak dirintis 2007 lalu, pengguna www.MyPulau.com telah mencapai satu juta. Peluncuran kembali ini merupakan perbaikan yang keempat kalinya," ungkap Adam Achmad, Manager Digital &; Interactive Media Telkomsel, kepada detikINET, baru-baru ini di Jakarta.
Untuk membangun kembali situs 'one stop destination' tersebut, Telkomsel kemudian menggandeng PT Access Mobile Indonesia untuk mengembangkan konten yang bisa dinikmati pelanggan dan komunitas berdasarkan minatnya.
MyPulau menawarkan fitur seperti Social Status Integrator, My Interests, dan My Buys. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat memanfaatkan profil uniknya yang terintegrasi dengan berbagai situs jejaring sosial untuk menciptakan komunitas pertemanan sendiri, menulis blog, serta bertransaksi dalam forum jual beli secara e-commerce.
Fitur serupa juga ditawarkan Telkom melalui Mojopia. Namun Adam menegaskan kalau situs yang dibangun Telkomsel tidak akan bersaing langsung dengan portal seharga US$ 2 juta yang dibangun Telkom, induk perusahaannya.
Pada kesempatan lain, Group Head Brand Marketing Indosat Teguh Prasetya mengungkapkan, aksi membuat situs jejaring sosial juga telah dirintis oleh Indosat dengan nama www.kongkoow.com. Situs itu lebih membidik konten musik dan video.
"Sejak diluncurkan tahun lalu sudah menghasilkan uang ratusan juta rupiah bagi Indosat," ungkapnya.
Pengembangan selanjutnya yang dilakukan Indosat adalah membuat situs tersebut dapat diakses oleh pengguna mobile setelah sebelumnya hanya bermain di segmen layar lebar (large screen) luar ruang.
"Pengguna internet dengan large screen hanya sekitar tiga juta. Jika ingin mengembangkan usaha harus membidik pelanggan mobile," ujarnya lebih lanjut.
Jelas, situs jejaring yang dibangun ketiga operator telekomunikasi terbesar di Indonesia itu ditujukan untuk membidik pelanggan baru, khususnya dari segmen komunitas.
"Kami tidak menutup kesempatan bagi pelanggan operator lain untuk bergabung di MyPulau. Namun pastinya kami akan membuat program khusus bagi pelanggan Telkomsel yang akan membuat iri para pelanggan operator lain," kata Adam.
Persaingan hebat memperebutkan pelanggan komunitas lewat jejaring sosial seharusnya jadi kabar baik bagi pelanggan. Sebab, pada akhirnya, pelanggan juga yang akan menikmati buah dari persaingannya.
detikcom - Senin, 16 November
Sumber Info"http://id.news.yahoo.com/dtik/20091116/ttc-berlomba-menjaring-pelanggan-komunit-f0a1c5d.html"
SUKSES-SUKSES ADALAH-SUKSES MUDA-SUKSES WIRAUSAHA-SUKSES AREA-SUKSES SEHAT-SUKSES INFO-MOTIVASI SUKSES-KISAH SUKSES-SUKSES BLOGGER-SUKSES BISNIS-SUKSES SUKSES TEKNOLOGI-SUKSES INTERNET-SUKSES PARIWISATA-SUKSES FINANCIAL-SUKSES SPRITUAL
SUKSES AREA ARTIKEL
Rabu, 25 November 2009
Berlomba Menjaring Pelanggan Komunitas
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Populer Posting
-
Tahun baru merupakan momen tepat untuk meninggalkan kebiasaan buruk — termasuk kebiasaan terbujuk godaan diskon atau harga spesial yang u...
-
Belakangan ini, jumlah pengusaha muda makin banyak. Sayangnya semangat menggebu anak muda acap kali tak dibarengi dengan perhitungan matan...
-
Jakarta (ANTARA) - Jaringan ATM dua bank besar yaitu Bank Mandiri dan BCA secara resmi terhubung pada Senin ini melalui jaringan ATM Prima...
-
Kebahagiaan adalah sesuatu yang selalu kita dambakan dalam hidup kita. Dalam kenyataan, kalau kita perhatikan apa yang menjadi motivasi dib...
-
Saat ini HP menjadi saalah satu hal yang paling krusial dalam aktivitas kita sehari-hari. Hubungan dengan klien, kerabat, dan keluarga sem...
-
Selamat Tahun Baru Islam (Hijriyah) 1 Muharram 1432 H. Semoga kita selalu memiliki semangat yang baru, inovasi yang baru, pemikiran lebih fr...
-
Dibawah ini ada tabel dan penjelasan daftar 10 orang terkaya diDunia Versi Majalah Vorbes moga2 kita bisa ikut2an 10% aja juga sudah lebih d...
-
PayPal adalah jasa penengah atau biasa disebut dengan istilah “broker” paling populer di dunia saat ini untuk transaksi online. Paypal da...
-
Template pada blogger pada hakikatnya tidak membawa SEO yang tepat untuk judul, isi dan tag pada posting Anda kecuali Anda sendiri yang menc...
-
Hari ini saya sudah menjalankan puasa bulan Ramadhan selama 23 hari,hari-hariku sangat menikmati sekali kegiatan dibulan Ramadhan tahun 1431...
Mengenai Saya
- M.Bayu Aji
- Life is a success, success if we can always grateful grace of God every second every time, or success if we can share the happiness of others, success is because of Life was created by God with full success:-)
1 komentar:
Kira-kira siapa ya pemenangnya???
Posting Komentar