Kamis, 03 Juni 2010

PENGERTIAN BLOG DAN BLOGGER DITINJAU DARI BERBAGAI SISI

Pengertian Blog Menurut sumber info Syairsyiar.blogspot

Saya bangga jadi blogger”, begitulah kata-kata Wimar Witoelar, seorang blogger seleb dan juga seleb blogger Indonesia.
Blog itu bukan CNN”, begitulah kata seorang blogger kapitalis sukses di negeri seberang sana, Johnchow namanya.
Dan di situs resmi Pesta Blogger, ajang kumpul-kumpul blogger, slogan yang ditonjolkan tidak tanggung-tanggung: “Suara Baru Indonesia”. Wa ha.. ha.. untung enggak kepeleset nyebut Suara Indonesia Baru waka ka.. ka.. ka..
Gilanya lagi ada yang namanya hari blogger dirayakan pada tiap 27 Oktober, seolah hendak berkata semangat sumpah pemuda itu dekat sekali dengan dunia perblog-an. Dan gilanya lagi dicanangkan blog yang sekarang jumlahnya ratusan ribu untuk menjadi satu juta dalam kurun satu tahun ini. (Kompas)

Sebagian lagi bilang: Semoga enggak booming sesaat….

Tapi apa sih blogger itu? Bagi yang pernah duduk di bangku SD, bakal tahu kalau blogger itu Blog + er, persis sama dengan Farm + er, yaitu artinya orang yang melakukan aktifitas blog. Blog itu awalnya adalah situs yang berisikan catatan harian di internet, tetapi bisa dipublikasikan untuk menjadi konsumsi publik. Tetapi lama kelamaan blog berkembang menjadi banyak wajah, bisa untuk bisnis, cari teman, membangun opini, atau membagi informasi dan bahkan “kampanye” politik-keagamaan.
Di bawah ini saya coba cari makna blog itu.

Blog

Blog itu fleksibel
Blog bukan CNN, itu jelas. Dalam menurunkan berita, azas keseimbangan dan objektifitas perlu dinomer satukan oleh media pemberitan, bandingkan saja dengan surat kabar Kompas misalnya, halaman opini hanya diberikan sebanyak tiga space artikel, dua lembar untuk tiap edisi hariannya. Tapi subjektifitas lebih mencolok pada penulisan blog. Subjektifitas ini bisa merugikan sekaligus menguntungkan, menguntungkan karena segenap inovasi dan kreasi bisa muncul lepas, akan tetapi sebaliknya karena itulah maka kredibilitas penulisnya ada yang sering mempertanyakan. Akan tetapi bila kita ingin melihat lebih jauh, wikipedia itu juga merupakan situs keroyokan yang sangat besar, tetapi terkadang kredibilitas penulis dan kebenarannya masih ada yang mempertanyakan.

Blog itu hak properti pribadi
Walaupun masih terikat TOS bagi penyedia layanan (bagi yang gratisan), blog masih tetap dikatakan hak properti pribadi. Dan disini blogger bisa menjadi owner, writer/ penulis, editor, sekaligus publisher-nya, dan juga sebagai lay outer serta designer-nya. Blogger juga menjadi seorang manager dan think thank untuk blog yang dipublikasikannya tersebut. Dan terkadang dia perlu menjadi seorang “pengacara” atas artikel/bahan yang diturunkannya.

Blog itu menonjolkan induvidualitasNarsis, bisa juga blog jadi ajang sok aksi sok seksi (tepatnya, dalam bahasa halus bisa jadi sebagai ajang aktualisasi diri) atau sebagai penyampai hati nurani, atau penulis aspirasi yang jujur, atau bisa sebagai kebebasan kebablasan.
Faktor individualitas inilah yang menyebabkan lahirnya “blog betina”, lebih tepat bila dikatakan sebagai blog gado-gado, yaitu blog yang memuat segala macam jeroan otak dari sang penulis. Dalam dunia kedokteran ada yang dinamakan dokter umum dan dokter spesialis, mungkin seperti inilah, ada yang jadi blogger umum dan ada pula yang menjadi blogger spesialis. Dan mungkin sebelum menjadi blogger spesialis, terkadang kita harus menjadi blogger umum dulu.
(ini sih sebenarnya pembelaan diri wa ka.. ka.. ka.. ka.. ka..)

Blog bisa menjelma menjadi apa saja
Blog itu bisa disulap menjadi apa saja, elo bisa jadi germo penjaja gambar seksi dan nudis (bisnis lendir kata sebagian orang), bisa jadi salesman, bisa jadi penyair atau bisa juga jadi tukang provokasi, bisa juga jadi ustad dadakan, tukang kritik, pelawak atau penyebar ajaran sesat. Tapi yang gak bisa itu jadi tukang tambal ban atau jadi astronout.
Blog itu hidup, dan terkadang memiliki siklus hidup
Ada blog yang mati suri selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, ada blog yang pensiun dan ada juga blog yang mati dibunuh sang tuan, atau ada blog yang mati karena sang tuan meninggal dunia. Itulah blog, dan blog itu juga hidup mengikuti kepribadian sang tuan. Blog itu juga lues dalam berinteraksi, inilah kelebihannya.

Blog itu canduIni sih minjem kata-kata Marx. Ada memang yang bilang seperti itu. Mungkin kurang tepat sih, tapi bukan kah itu baik? Indonesia dikenal sebagai bangsa yang kurang rajin membaca, apalagi menulis. Mungkin dengan keberadaan blog ini, kemampuan menulis orang Indonesia semakin berkembang. Informasi yang dibagikan juga semakin banyak dan beragam, dan paling tidak itu adalah satu kemajuan. Hebatkan kalau ada bangsa yang banyak pecandu menulisnya? Tentu karya-karya dan pemikiran yang berkualitas semakin banyak yang hadir dan tidak menutup kemungkinan bertambah tajam dan cerdas. Ada juga yang bilang kalau kecanduan ngeblog itu lebih bermanfaat daripada kecanduan tidur atau ngegame, atau kecanduan lihat gambar-video o… ekhm…

Blog itu tong sampah
Sebenarnya ini adalah turunan dari sifatnya sebagai properti pribadi dan asal usul blog sebagai catatan harian. Terkadang unsur-unsur individu dan sifat seseorang terasa secara jelas di dalam tulisannya, dan terkadang hal itu oleh sebagian yang lain dianggap sepele, atau halusnya mungkin tidak cerdas, kasarnya tidak bermanfaat. Jadilah dikatakan tulisan itu sebagai tulisan sampah sedangkan wadahnya adalah “tong sampah” tadi. Tetapi perlu dimaklumi juga, latar belakang pembaca dan penulis sangat beragam, sehingga terkadang banyak terjadi salah persepsi. Halaman komentar blog pun bisa menjadi tong sampah bagi pengunjung….
Secara umum blog itu dapat dikatakan suatu situs berisukan informasi –apapun bentuk dan kualitasnya- yang gampang untuk di update sesuai selera dan kemapuan pemiliknya masing-masing. Silahkan mau jadi apapun, anda dan blog anda…

Pengertian Blogger menurut Ristekjaya
Sebuah web blog atau disingkat blog adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodic tulisan-tulisan (posting) pada sebuah halaman web umum. Posting-posting tersebut seringkali ditampilkan dalam urutan posting terbalik dengan update terbaru (new-entry) berada paling atas walaupun tidak harus selalu demikian. Situs seperti ini dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topic dan tujuan pengguna blog tersebut.
Blog merupakan situs yang menyerupai diari karena isi situs tersebut ditulis secara kronologis, menyerupai buku diari. Web blog adalah halaman web yang berisi tentang personalitas pembuatnya, berisi jurnal yang dapat diakses oleh semua orang. Dengan kata lain, web blog merupakan tipe situs web yang isinya seperti jurnal, diurutkan secara kronologis. Isinya berupa berita atau komentar atas suatu peristiwa tertentu mulai dari hal yang “berat” sampai hal yang “ringan”, dari masalah politik sampai masalah makanan. Web blog bisa berisi teks, gambar, musik, video, link ke web blog lain atau juga berisi kombinasi dari hal-hal tersebut.
Web blog mempunyai banyak manfaat antara lain selain sebagai media untuk catatan harian, blog juga dapat dimanfaatkan untuk hal-hal berat seperti publikasi kampanye politik.
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh Pyra lab yang akhirnya dibeli oleh Google pada Februari 2003. Semenjak itu terdapat banyak aplikasi yang bersifat open source digunakan untuk perkembangan para blogger.
Sebagian blog dikelola oleh seorang penulis tunggal, sementara yang lain dikelola oleh beberapa orang penulis. Banyak juga blog yang mempunyai peranan untuk berinteraksi dengan para pengunjungnya untuk meninggalkan pesan atau komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan. Namun ada juga yang sebaliknya atau bersifat noninteraktif.
Situs-situs yang berkaitan satu sama lain antar-blog atau merupakan kumpulan blog secara total, sering disebut dengan blogosphere. Jika terdapat sebuat pembahasan, ide atau opini yang sangat kontroversi dan mempengaruhi semua blog yang ada disebut dengan blogstorm atau badai blog.
Sebuah web blog seringkali disingkat menjadi blog. Blog tertentu mengkombinasikan isinya dengan teks, gambar, dan link ke alamat blog lain, website lain atau media lain yang mempunyai topic yang berhubungan. Namun ada juga blog yang isinya terfokus pada satu hal tertentu saja seperti foto (photoblog), video (vlog), atau audio (podcasting).

Sumber Info
http://syairsyiar.blogspot.com/2007/11/pengertian-blog-dan-blogger-ditinjau.html
http://www.ristekjaya.sch.id/index.php?option=com_content&view=article&id=47:pengertian-blogger&catid=46:internet&Itemid=78

1 komentar:

aris mengatakan...

artikelnya bagus,
salam kenal...
need IT?
http://www.linovtech.com

Populer Posting

Mengenai Saya

Foto saya
Life is a success, success if we can always grateful grace of God every second every time, or success if we can share the happiness of others, success is because of Life was created by God with full success:-)