Minggu, 15 Januari 2012

ATM BCA DAN BANK MANDIRI RESMI TERHUBUNG

Jakarta (ANTARA) - Jaringan ATM dua bank besar yaitu Bank Mandiri dan BCA secara resmi terhubung pada Senin ini melalui jaringan ATM Prima.
Peresmian kerja sama layanan ATM BCA dan Bank Mandiri dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution di Kantor BI Jakarta.
Dalam acara yang juga dihadiri Menkominfo Tifatul Sembiring itu, Dirut BCA Jahja Setiatmadja mengatakan manfaat kerja sama ini akan sangat dirasakan nasabah BCA dan Bank Mandiri yang jumlahnya sangat besar.
"Kerja sama pemanfaatan jaringan ATM melalui jaringan prima ini merupakan implementasi komitmen kedua bank untuk meningkatkan layanan, baik bagi mitra kerja maupun masyarakat," katanya.
Jahja mengatakan, dengan kerja sama ini nasabah BCA dan Bank Mandiri akan semakin mudah melakukan transaksi melalui jaringan prima, termasuk ke 49 bank lain yang sudah masuk jaringan Prima.
"Efisiensi bukan sekadar kata-kata, inisiatif Bank Indonesia ini dilakukan BCA dan Mandiri sejak Oktober lalu, dan diharapkan bisa menciptakan efisiensi investasi karena bertambahnya nasabah yang terhubungkan," katanya.
Sementara itu, Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan kerja sama ini akan mendorong efisiensi dalam investasi dan mendorong transaksi ritel sebagai langkah awal untuk menuju nasional "payment gateway."

"Nasabah semakin mudah dan nyaman, karena nasabah Mandiri dan BCA bisa melakukan tiga transaksi tarik tunai, cek saldo dan transfer di 8.000 ATM BCA dan 16 ribu ATM jaringan Prima," katanya.

Darmin Nasution mengatakan kerja sama ini akan menciptakan sistem pembayaran yang efisien, dan memberikan keamanan serta kenyamanan bagi masyarakat.
Menurutnya, jumlah kartu ATM yang beredar sampai 61 juta kartu, dengan jumlah transaksi 6,6 juta kali per hari dan nilai transaksi lebih dari Rp7 triliun serta jumlah penerbit kartu ATM debit 98 perusahaan.
"Dengan terhubungnya ATM BCA dan Bank Mandiri kita yakin akan memberi kemudahan dan efisiensi bagi industri dan nasabah Bi menyusun standar jaminan keamnan, efisiensi dan kenyamanan bagi nasabah," katanya.
Seperti diketahui, sampai akhir September 2011 jaringan ATM Mandiri mencapai 8.993 unit yang terkoneksi dengan 21 ribu jaringan ATM Link, 30 ribu ATM bersama dan lebih dari 1,7 juta ATM Visa Internasional di seluruh dunia.
Sedangkan BCA sebagai "founding member" layanan ATM Prima mempunyai 7 ribu ATM yang terhubung dengan 22 ribu ATM Prima.

Interkoneksi ATM BCA-Mandiri Dilaunching Hari Ini

Interkoneksi akan dipercaya dalam meningkatkan efisiensi nasabah dalam proses transaksi perbankan.

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini menjelaskan, realisasi interkoneksi ini merupakan upaya perusahaan untuk menguatkan dan memperluas jaringan ATM yang dapat memudahkan nasabah bagi transaksi perbankan. "Langkah ini juga diharapkan mendorong pertumbuhan transaksi melalui jaringan," ujarnya di Gedung BI Jakarta, Senin (16/1).

Ditambahkan Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja, sinergi tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi dari komeitmen BCA untuk meningkatkan layanan bagi nasabah.

Sementara Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan pihaknya bersama perbankan dan industri sistem pembayaran Indonesia akan selalu bekerja keras dalam menciptakan pembayaran yang efisien, handal, serta berkualitas. "Sehingga dapat diandalkan menjadi penopang pembangunan dan pertumbuhan ekonomi nasional," tegasnya.

Sebagai informasi, realisasi interkoneksi jaringan ATM ini merupakan hasil MoU yang telah ditandatangani Bank Mandiri dan PT Rintis Sejahtera (ATM PRIMA) mengenai kerjasama menkoneksikan ATM melalui jaring PRIMA dalam memudahkan masyarakat bertransaksi.

Direktur Utama Rintis Sejahtera Iwan Setiawan menjelaskan apresiasi kepada Bank Mandiri yang telah bergabung ke dalam jaring PRIMA sebagai bank perserta yang ke-49.

Melalui kerjasama ini, nasabah Bank Mandiri dapat bertransaksi tarif tunai, cek saldo dan transfer antar bank melalui lebih dari 31.700 ATM yang terhubung melalui ATM PRIMA. Termasuk 8.578 jaringan ATM BCA yang telah terkoneksi dengan Jaringan Cirrus yang tersebar di seluruh dunia.

Secara total penguatan ATM Mandiri akan mencapai lebih dari 40 ribu ATM yang terhubung ATM PRIMA, Link, maupun ATM Bersama yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebaliknya nasabah BCA maupun bank perserta jaringan ATM PRIMA dapat melakukan transaksi berupa di 8.993 ATM Mandiri yang telah terkoneksi ke lebih dari 21 ribu jaringan ATM Link, 30 ribu jaringan ATM bersama dan lebih dari 1,7 juta ATM Visa Internasional yang tersebar di seluruh Indonesia.

Darwin menambahkan, hingga saat ini keseluruhan terdapat 61 juta kartu ATM, dengan transaksi lebih dari 6,6 juta kali transaksi per hari. "Untuk nilai transaksinya lebih dari Rp7 triliun perharinya, dengan jumlah penerbit kartu ATM dan debit per November 2011 sebanyak 98 penerbit," jelasnya.[cms]

Sumber Info :

http://id.berita.yahoo.com/atm-bca-dan-bank-mandiri-resmi-terhubung-060816676.html

http://id.berita.yahoo.com/interkoneksi-atm-bca-mandiri-dilaunching-hari-ini-045400980.html


Tidak ada komentar:

Populer Posting

Mengenai Saya

Foto saya
Life is a success, success if we can always grateful grace of God every second every time, or success if we can share the happiness of others, success is because of Life was created by God with full success:-)