Minggu, 01 Januari 2012

Motivasi Proses Sukses,Tahun 2012, Tahun Aktualisasi Diri,Optimis Memasuki 2012

Motivasi Proses Sukses

 


Untuk bisa meraih sukses sebenarnya tidak membutuhkan teori-teori yang rumit. Jika kita mampu mematangkan kelebihan-kelebihan kita secara konsisten, maka kita akan menjadi ahli di bidang yang kita tekuni. Dengan profesionalisme yang kita miliki pasti apa yang kita perjuangkan akan membuahkan hasil yang paling memuaskan.

Profesionalisme itu adalah kesiapan kita. Kita akan selalu siap kapan saja. Kita tidak akan lari menghadapi tantangan yang melintas di hadapan. Bahkan dengan kemampuan yang terasah kita akan jadi peka. Ada kalanya, suatu kesempatan yang oleh orang lain dianggap sepele dan dirasa tak akan memberikan hasil besar bisa kita ambil dan kembangkan menjadi sukses yang luar biasa.

Ada sejumlah cerita yang menarik di mana sejumlah tokoh dunia dengan kemampuannya bisa mengubah kesempatan sederhana yang ditemui menjadi sukses besar bahkan mengubah tradisi dunia. Di dunia ketik-mengetik kita mengenal Bette Graham, seorang juru ketik yang menemukan "Liquid Paper", cairan cepat kering untuk menutup salah ketik. "Post-It" yang jadi andalan banyak orang untuk menuliskan catatan yang mudah ditempel dan dilepas. Kertas tempel ini berasal dari cerita produksi lem gagal karena kurang lengket. Atau kisah sukses "Lonely Planet" yang dari kebiasaan mencatat perjalanan wisata murah-meriah kemudian jadi panduan dunia untuk menjelajahi berbagai negara. Semuanya awalnya sederhana.
Sahabat yang Luar Biasa!
Pagi ini pada talkshow rutin di Radio Sonora, saya mengemukakan cerita menarik tentang "Pemancing Kecil".Seorang anak ingin belajar memancing yang ternyata setelah menjalaninya hanya kegiatan yang sederhana. Tetapi gurunya menjelaskan bahwa belajar memancing itu sama dengan belajar kehidupan. Setiap hari mengulang hal yang sama. Hanya yang sabar, tekun, fokus yang akan mencapai tujuannya, yakni meraih sukses yang diinginkannya.
Begitupun dengan kita. Untuk bisa meraih sukses bisa dimulai dengan hal sederhana. Kita bisa memulainya dengan apa yang kita hadapi. Sering kali kesempatan untuk sukses menyelinap di balik kesulitan dan rintangan. Dan selama kita tidak lari dari kesulitan, rintangan, dan berani menghadapinya, maka apa yang jadi halangan dan rintangan, akan bisa kita ubah menjadi sukses yang luar biasa. Apalagi jika itu adalah suatu kesempatan. Yang penting fokus pada tujuan dan mari berkonsentrasi mengerjakannya.



Hari ini kita telah memasuki tahun 2012. Seperti tahun-tahun sebelumnya, baik perusahaan ataupun perorangan selalu membuat evaluasi dan resolusi untuk menghadapi tahun ke depan. Betapa bersemangat dan aktifnya kita membuat resolusi di awal tahun, namun sering kali begitu di tengah jalan, kobaran semangat itu perlahan tapi pasti semakin surut dan akhirnya menjadi padam. Selama saya menjadi motivator puluhan tahun, saya sering mendapatkan keluhan dan menemukan kasus seperti itu berulang kali.
Sejatinya, evaluasi diri tidak hanya dilakukan di masa awal tahun saja. Tetapi, kita perlu mengevaluasi diri tiap hari, melakukan perencanaan apa yang harus kita kerjakan hari lepas hari, dan mengontrol proses perjalanan mewujudkan setiap apa yang kita targetkan. Karena setiap hari kita selalu dalam proses menuju kemajuan.
Alangkah baiknya apabila kita punya pengertian dan kesadaran bahwa setiap hari adalah hari yang baru. Setiap hari menjanjikan kesempatan baru bagi orang-orang yang aktif belajar dan berjuang.
Hidup adalah proses belajar dan berjuang tanpa batas untuk menciptakan prestasi yang gemilang. Saat kita gagal, kita harus belajar dan berjuang lagi. Saat kita sukses, kita tetap belajar dan berjuang. Maka tepat sekali, saya mencanangkan tahun 2012 ini sebagai tahun aktualisasi diri.
Mari sahabat sekalian, setiap hari kita melangkah ke depan melalui doa, rasa optimis, dan berjuang keras. Kita siap menapaki langkah pertama kita di tahun 2012 ini dengan memperbaiki dan meningkatkan diri untuk menjadi manusia yang sukses dan berarti bagi diri kita dan bagi orang lain, serta tentunya menjadi manusia Indonesia seutuhnya yang berguna bagi nusa dan bangsa.
Selamat Tahun Baru 2012. Selamat mengaktualisasi diri di tahun yang baru.

Ada 4 tipe sikap manusia yang perlu kita ketahui.
1. Pesimis pasif. Orang yang bersifat seperti ini, sudah pesimis juga pasif. Sehingga sebagus apa pun peluang di depan tidak bisa ia manfaatkan.
2. Pesimis aktif. Ia sebenarnya aktif. Namun bekerja asal bekerja. Hidupnya asal hidup.
3. Optimis pasif. Sudah memiliki sikap optimis tetapi pasif mengantisipasi kesempatan yang dihadapinya sehingga hasilnya apa adanya.
4. Optimis aktif. Sikap inilah yang terbaik. Orang seperti ini hidupnya penuh optimisme, berinisiatif,kreatif, mau belajar, mau bekerja, pantang menyerah, Sehingga ia bisa menggunakan semua potensinya dengan optimal.
Mari dengan doa dan optimis aktif, siap mengaktualisasikan diri, berani menentukan apa yang pantas kita raih di tahun baru 2012 ini. Dan tentu, siap memperjuangkannya!
Selamat tahun baru 2012.

Salam sukses luar biasa!!
 


Sumber Info : www.andriewongso.com

1 komentar:

hafidhmind mengatakan...

memang tahun baru merupakan ajang untuk upgrade diri. memperbaiki diri kearah yang lebih baik
http://hafidhmind.wordpress.com/2014/04/29/10-prinsip-hidup-orang-sukses/

Populer Posting

Mengenai Saya

Foto saya
Life is a success, success if we can always grateful grace of God every second every time, or success if we can share the happiness of others, success is because of Life was created by God with full success:-)