Jumat, 26 Maret 2010

PENJELASAN TENTANG GOOGLE WAVE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI REALTIME

Berawal dari ada teman yang minta tentang Google Wafe akhirnya aku copi paste juga postingan dari teman blogger yang udah capek2 nerjemahin postingan yang asli dari bahasa inggris jadi jangan sia2in ya teman2:_)

Saat ini Google akan mengejutkan seantero internet ini dengan software open source terbaru dari mereka yang disebut dengan Google Wave. Kali ini Google akan memberikan sebuah media komunikasi secara real-time dengan menggunakan web browser platform yang akan di publikasikan dalam waktu dekat tahun ini. Untuk itu, Teknoinfo mencoba untuk mengkompilasi apa itu google wave dan cara menggunakanya berdasarkan dari seminar yang telah diadakan google kemarin semoga ini dapat memberi anda gambaran mengenai dan terminologi yang akan digunakan dari Google Wave (Seperti aplikasi Twitter Wave Twave), jika anda merasa tertarik untuk mengetahui apa itu google wave lebih mendalam, sebaiknya anda simak terus tulisan berikut ini.

Apa itu google wave ?

Ini adalah pertanyaan mendasar mengenai sesuatu yang ingin kita ketahui, pada dasarnya Google Wave memiliki beberapa fitur yang sangat inovatif sebut saja sebagai real-time communication platform. Software ini akan mengkombinasikan aspek email, instant messaging, wiki, web chat, social networking, dan project management di packing dalam 1 bentuk platform dan menjadikanya browser communication client. Kasarnya anda dapat membawa kelompok teman atau business partner anda bersama untuk mendiskusikan apa saja yang terjadi dan anda juga dapat melakukan sharing files. Beberapa fitur teknis nya terdiri dari:
Interface google wave
Interface google wave
  • Real-time: dalam segala hal, anda dapat melihat apa yang sedang orang lain ketik dari karakter per karakter, bukan hanya melihat pesan “si a sedang typing”.
  • Embeddability: Waves dapat di embedded ke blog atau website.
  • Applications and Extensions: Sama seperti halnya dengan Facebook ataupun iGoogle gadget, developers dapat membuat apps nya sendiri untuk wave. Dan ini tidak terbatas, dapat berupa bots ataupun complex real-time game.
  • Wiki functionality: Semua yang ditulis didalam Google Wave dapat di edit oleh orang lain karena semua conversation diantara masing masing statusnya shared. Sehingga anda dapat memperbaiki informasi menambahkan informasi bahkan menambahkan komentar anda sendiri saat membangun konversation.
  • Open source: Google Wave akan diberikan secara open source, untuk mempercepat inovasi dan adaptasi para developer.
  • Playback: Anda dapat melakukan playback pada bagian manapun didalam wave untuk melihat step pembicaraan.
  • Natural language: Google Wave dapat melakukan autocorrect pada spelling, bahkan dapat mengetahui perbedaan antara kata yang mirip seperti, “been” dan “bean.” dan ini dapat juga berfungsi untuk auto-translate on-the-fly.
  • Drag-and-drop file sharing: Tidak memerlukan attachment; anda dapat langsung men drag file anda dan drop kedalam Google Wave dan lainya akan dapat mengakses.
Ini adalah sebagian dari Google Wave, karena penggunaanya sangat mudah, ini tentu saja akan menarik banyak perhatian orang.

Sejarahnya Google Wave

Google Wave ini dibuat oleh team Google yang berada di Sydney, Australia. Team intinya terdiri dari 2 bersaudara, yaitu Jens dan Lars Rasmussen, dan lead project manager dipimpin oleh Stephanie Hannon, semua itu adalah team inti dari development Google Map yang sangat canggih itu. Google Wave pertama kali diumumkan saat diadakanya acara Google I/O Developer conference, yang belum tersedia untuk public untuk beberapa bulan kedepan.

Lebih teknis tentang Google Wave

Struktur google Wave
Struktur google Wave
Google Wave bisa dianalogikan sebagai layer dasar atau pondasi sebuah platform yang didalamnya terdapat beberapa ruang plaform yang telah diatur sedemikian rupa, ada beberapa definisi dari Google untuk memahami communication platform ini. Untuk itu mungkin anda perlu mengetahui beberapa term berikut ini untuk memahami lebih teknis mengenai proyek Google terbaru ini.
  • Wave: Wave, secara spesifik adalah bentuk dari thread conversation. Ini dapat memuat satu orang, atau pun sebuah group dari users atau bahkan robot (akan di jelaskan nanti). Cara termudah untuk memahaminya adalah Wave mirip sekali seperti histori pada IM (Instant Messaging) anda saat anda chat dengan seseorang. Apapun yang sedang anda diskusikan dalam bentuk single chat atau conversation itu adalah wave.
  • Wavelet: Wavelet juga termasuk dalam thread conversation, namun ini hanyalah sebuah subset dari semua pembicaraan (atau wave). Misalnya dalam single IM conversation - bagian kecil dari total pembicaraan dalam history chat anda. Wavelets bersifat konsisten dapat di buat dan diatur langsung dan terpisah dari wave.
  • Blip: Ini adalah bagian yang lebih kecil lagi dari Wavelet, Blip adalah sebuah pesan, dalam sebuah wavelet. ini sama dengan 1 baris kalimat saat anda sedang melakukan pembicaraan melalui IM. Blips dapat memuat blips lainya yang disebut dengan children. Sebagai tambahan blips juga dapat bersifat published ataupun unpublished (Jadi ini akan seperti ketika anda sedang mengetik pesan melalui IM namun anda belum mengeirimkanya).
  • Document: Document adalah sebuah konten yang terdapat didalam blip. Ini dapat berarti sebuah karakter aktual, kata ataupun sebuah file yang di asosiasikan oleh blip.
  • Extension: Extension adalah sebuah mini-application yang dapat bekerja diantara wave. Jadi ini adalah apps yang dapat anda kostumasi saat anda menggunakan Wave. Ada 2 jenis Apps yang tersedia yaitu extenison: Gadget dan Robot.
  • Gadgets: Gadget adalah sebuah aplikasi khusus untuk user yang ingin berpartisipasi, yang nantinya akan di manfaatkan dari Google OpenSocial platform. Sebagai analogi ini akan seperti iGoogle gadgets ataupun Facebook application.
  • Robots: Robots adalah sebuah auto partisipan diantara wave. Mereka dapat berinteraksi dengan user dan wave. Mereka dapat memberikan informasi dari sumber eksternal seperti Twitter atau mereka dapat memeriksa content diantara wave dan melakukan aksi dari konten tersebut (Misalnya membeli saham jika anda menemukan nilai saham tertentu sudah tercapai ).
  • Embeded Wave: Embeded wave adalah sebuah cara Google Wave berkomunikasi dengan website ataupun blog anda. User dapat menggunakanya sebagai chatroom atau media lain untuk menghubungi anda bahkan lebih dari itu.

Lebih lengkapnya

Dari penjelasan diatas, beberapa ilustrasi lebih detail mengenai Google Wave ini dapat anda simak pada bagian berikut ini:

Wave Gadgets

Gadget dari Wave
Gadget dari Wave
Wave Gadget pada dasarnya memiliki 2 jenis Google Wave extension dan Gadget ini tentu saja sebuah aplikasi fungsional, menurut Google, gadget diutamakan khususnya untuk mengganti tampilan waves, namun tentu saja bukan hanya untuk interfacing saja namun dapat juga dikembangkan lagi untuk wave gadget.
Banyak gadget dari iGoogle ataupun OpenSocial gadget dapat berjalan di Google Wave. Ini berarti ribuan aplikasi yang telah bekerja untuk iGoogle dapat dipasangkan ke Google Wave. Lalu, gadget yang langsung terintegrasi dari Google Wave dapat mengambil keuntungan dari ini yaitu dapat menyambungkan interaksi dengan banyak user. Sehingga, nantinya wave akan mirip sekali dengan Facebook ataupun aplikasi MySpace  seperti games, quizze, dan aplikasi yang bermanfaat lainya.
Gadget nantinya akan digunakan pada waves yang spesifik, bukan user spesifik. Jadi ini nantinya bukan seperti Facebook app pada profile anda, namun - gadget akan milik siapa saja dalam wave tersebut. Beberapa gadget yang telah di buat adalah Sudoku gadget, Bidder (yang merubah wave anda menjadi mesin lelang ), dan Map (yang memungkinkan anda untuk berkolaborasi dengan Google Map).
Untuk penjelasan yang lebih teknisnya, anda dapat kunjungi Wave Gadget Tutorial.

Wave Robots

Robots Wave=bots IM yang lebih cerdas
Robots Wave = bots IM yang lebih cerdas
Robots adalah bentuk lain dari Google Wave extension. Robots lah yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi, dan ini bersifat otomatis. Bots ini mirip dengan IM bot yang pernah ada, namun Robots dapat merubah informasi yang ada didalam waves, berinteraksi dengan user, berkomunikasi antar wave, dan mengambil informasi dari sumber eksternal.
Karena dia bersifat seperti user, anda dapat mendefinisikan behavior nya berdasarkan apa yang terjadi di saat anda chat. Anda dapat dengan mudah memerintah robots untuk mengganti “setiap kata anjing menjadi kucing” atau merubah robots menjadi fully-functional debugger.
Beberapa robot sudah tersedia di Google yaitu Debuggy (wave debugger), Stocky (yang akan menampilkan informasi harga saham ), dan Tweety (Twave robot, menampilkan tweets dalam wave).
Lebih detailnya dapat simak Wave Robots Overview.

Wave Embeds

Dapat di Embed di web / blog
Dapat di Embed di web / blog
Wave embeds akan sedikit lebih kompleks dibandingkan melakukan embedding YouTube video kedalam blog, karena ini menyangkut dengan masalah sekuriti, Google Waves harus memastikan agar third party website tidak menjadi objek lubang sekuriti saat kita melakukan embed dari wave, jadi tidak semua wave nantinya bisa di Embed.
Karena Wave Embeds ini masih dalam versi awal very early stage, Google telah mencoba membuat 2 jenis: yaitu  YouTube Playlist Discuss dan Multiple Extension Embed.
Google menyediakan Wave Embed Developer Guide jika anda ingin mengetahui lebih spesifik mengati embedding waves.
Jika anda ingin menonton ulasan lengkapnya:

Sumber Info :  http://teknoinfo.web.id/google-wave-media-komunikasi-realtime/

Tidak ada komentar:

Populer Posting

Mengenai Saya

Foto saya
Life is a success, success if we can always grateful grace of God every second every time, or success if we can share the happiness of others, success is because of Life was created by God with full success:-)