Minggu, 23 Oktober 2011

Van Damme Bakal Nekat Untuk Bertarung Kickboxing


Berita mengejutkan datang dari Jean-Claude Van Damme. Atlet beladiri Belgia yang kini jadi artis Hollywood itu akan melakukan pertarungan kickboxing profesionalnya pada November 2011. Ia akan melawan mantan juara Olimpiade, Somluck Kamsing.

Pertarungan ini akan bersejarah, tak hanya bagi Van Damme sendiri tetapi bagi dunia olah raga kickboxing. Bagi dirinya, ini adalah hadiah ulang tahun yang ia buat sendiri. Van Damme yang hari ini berulang tahun yang ke-51 akan menjadi kickboxer pertama yang bertarung profesional saat usianya melewati 50 tahun. Ia tahu, usia separuh baya seperti itu bukan usia ideal bagi olah raga keras ini. "Sudah tentu membahayakan, tetapi hidup itu sangat singkat," katanya.

Semula pertarungan ini akan dilaksanakan di Las Vegas, Amerika Serikat. Namun kemudian berubah, menjadi di Moskow, Rusia. Tak lama kemudian berubah lagi dengan menganggap Macau, China, sebagai tempat yang paling cocok. Ternyata itu pun kemudian diralat. Pertarungan Van Damme - Somluck Kamsing direncanakan akan dilangsungkan di Rajamangala National Stadium, Bangkok, Thailand. Negeri Asia Tenggara inilah negara asal olah raga ini. Dengan adanya bencana banjir di Thailand, belum ada kabar apakah pertarungan itu tetap akan dilaksanakan di sana.
 


Jean-Claude Van Damme atau nama aslinya Jean-Claude Camille François Van Varenberg, lahir di Berchem-Sainte-Agathe, Brussels, Belgia, pada 18 Oktober 1960, dari pasangan Eliana dan Eugène Van Varenberg. Ayahnya adalah seorang akuntan. Pada saat usianya 10 tahun ayahnya memasukkan Van Damme ke sekolah karate Shotokan. Selain itu ia juga belajar taekwondo dan kickboxing. Setelah mendapatkan ban hitam ia justru membesarkan badannya dengan menggeluti binaraga sampai meraih gelar Mr. Belgium.

Kiprahnya di dunia kickboxing profesional dimulai tahun 1976. Tahun 1979 ia datang ke Tampa, Florida, AS, untuk melawanSherman Bergman, kickboxer ternama dari Florida. Belum apa-apa ia sudah dipukul jatuh oleh jagoan AS itu. Namun Van Damme tak menyerah. Ia segera bangkit dan tendangan kaki kirinya membuat Bergman KO. Setelah itu ia berkelana ke berbagai tempat di Eropa dan Amerika untuk melakukan pertandingan-pertandingan kickboxing.

Meski makin populer sebagai jagoan olahraga ini, Van Damme ternyata lebih tertarik pada dunia film. Tahun 1982 ia memutuskan hijrah ke AS. Lalu mencari kesempatan menjadi bintang film di Hollywood. Casting pertama yang membuatnya mendapat peran adalah di film Breakin pada tahun 1984. Itu pun hanya figuran sebagai penari latar. Pada tahun itu ia main di tiga film sebagai figuran.

Tahun 1986 ia main untuk film No Retreat, No Surrender. Tetapi hasilnya biasa-biasa saja. Namun bintangnya mulai terang ketika ia menjadi pemeran utama dalam film Bloodspot (1988). Namanya kemudian mencuat sebagai bintang laga Hollywood. Setelah itu film demi film ia hasilkan sampai orang mengenalnya bintang laga ternama Hollywood. Bulan depan Van Damme ingin menunjukkan "keasliannya" sebagai olahragawan kickboxing. Mampukah ia menjadi atlet kickboxing pertama yang bertarung secara profesional di usia yang melebihi 50 tahun? Kita tunggu saja aksinya!!


Sumber Info : http://www.andriewongso.com/artikel/peristiwa_luar_biasa/4351/Van_Damme_Bakal_Nekat/

Tidak ada komentar:

Populer Posting

Mengenai Saya

Foto saya
Life is a success, success if we can always grateful grace of God every second every time, or success if we can share the happiness of others, success is because of Life was created by God with full success:-)