Senin, 15 Februari 2010

CERITA SEPUTAR TENTANG GOOGLE

Duel Google Vs Bing: Ronde 2
Sejak pertama kali diluncurkan, Bing, search engine andalan Microsoft kembali mencoba menebarkan ancaman bagi Google, sang penguasa search engine dunia saat ini. Kalau di waktu lalu, Bing bekerjasama dengan Yahoo untuk melawan si Google, kali ini Bing berencana bekerjasama dengan para pemilik media.
Bagaimana ceritanya?
Diawali dari pernyataan Rupert Murdoch, seorang pengusaha media pemilik News Corp, sebuah jaringan media dunia yang membawahi antara lain televisi Fox, studio film Fox, pemilik banyak koran di seluruh dunia diantaranya seperti Wall Street Journal, dan termasuk juga situs social network MySpace.com. Murdoch mengancam menghilangkan berita News Corp dari indeks Google, dan direncanakan secara eksklusif muncul di Bing. Untuk kemunculan berita dari NewsCorp itu Microsoft, pemilik search engine Bing, siap membayarnya.
Murdoch menuduh Google mencuri berita dari NewsCorp dan memunculkannya di Google News. Pernyataan Murdoch ini konon katanya dipicu untuk menyelamatkan bisnis koran yang terancam kebangkrutan sejak adanya internet. Sebab siapapun secara mudah dapat mendapatkan berita yang dicarinya lewat search engine.
Meski demikian Google tak gentar dengan ancaman Murdoch. Google tidak masalah dan tidak keberatan sekalipun kemudian harus menyetop mengindeks berita dari website-website milik Murdoch. Google dalam pernyataannya mengatakan,”setiap organisasi media berhak seratus persen untuk memunculkan kontennya di search engine atau pun tidak.”
Ditambahkan Google,”indeks berita di google News merupakan sumber promosi yang sangat bagus buat penerbit media. Karena setiap menitnya mengirimkan sekitar 100 ribu klik.”
Yang jelas, di luar pernyataan Murdoch, kini semakin tampak persaingan antara Google versus Bing. Pertarungan antar search engine ini akan makin seru. Bing berusaha keras untuk merangsek si Google yang tak tertandingi selama ini
Bagaimana menurut anda atas duel Google versus Bing ini? Anda jago yang mana? Mana search engine yang akan tetap anda pakai: Google atau Bing?

Google yang Dikeroyok
Kemarin, Microsoft dan Yahoo! menandatangani perjanjian kerjasama. Isi kesepakatan utamanya adalah Microsoft lewat mesin pencari terbarunya, Bing, menangani layanan pencarian di Yahoo. Sebaliknya, Yahoo! menangani periklanan premium. Google dikeroyok?
Kesepakatan ini bisa jadi akan mengubah peta pasar penggunaan layanan mesin pencarian serta iklan online yang selama ini dikuasai Google. Padahal kue iklan online merupakan salah satu penopang utama kelangsungan bisnis internet mereka. Kesepakatan ini terjadi setelah dua bulan peluncuran Bing, search engine baru milik Microsoft.
Bing seperti ditulis Mas Aan Sukandar memiliki sejumlah kelebihan. Antara lain pengguna Bing bisa fitur menuju situs tujuan hanya dengan satu kali meng-klik dan kemampuan untuk melihat lebih banyak informasi tanpa harus membuka link tambahan.
Perjanjian Microsoft dan Yahoo! ini akan berlangsung dalam jangka 10 tahun dan kemungkinan baru mulai dilaksanakan tahun 2010. Perjanjian ini menjadi babak baru setelah beberapa waktu sebelumnya Microsoft sempat berniat membeli Yahoo!.
Pendapat saya pribadi, sekalipun bergabungnya kedua kekuatan besar tersebut untuk melawan si Google yang menguasai 65 persen pengguna layanan mesin pencari dan juga n dalam pendapatan iklan onlinenya, saya kira Google akan tetap unggul. Pasti Google tidak akan tinggal diam dan akan menelurkan inovasi-inovasi baru untuk menjawab tantangan tersebut.
Di sisi lain, ini juga menunjukkan seriusnya Microsoft dengan Bing-nya. Sebaliknya Yahoo akan fokus meningkatkan pendapatannya dari iklan yang diperkirakan berkat kerjasama tersebut akan meningkatkan penghasilannya sampai 500 juta US dollar dalam setahun.
Namun bila benar menjadi kenyataan Bing perlahan menggantikan si Google, bisa jadi pada kontes-kontes SEO yang diadakan selanjutnya, jurinya tidak lagi berasal dari google seperti yang dilakukan kontes seo stop dreaming start action. Mungkin Bing sebagai pengganti jurinya.
Namun menarik ditunggu apa langkah Google selanjutnya untuk menjawab tantangan kedua perusahaan besar tersebut.
Kalau menurut pandangan anda, bagaimana masa depan Google pasca-perjanjian Yahoo! dan Microsoft ini? Apa yang seharusnya dilakukan Google? Atau apa juga yang seharusnya dimaksimalkan Microsoft dan Yahoo! agar harapannya dalam melakukan kerjasama ini bisa tercapai?

Yang Sebenarnya tentang Google PageRank
Di dunia blogging, salah satu ukuran paling diburu para blogger adalah pagerank. Bila blognya memiliki pagerank tinggi mereka akan berbangga diri. Karena di mata Google, blog mereka dianggap lebih ‘penting’. Pagerank menjadi salah satu ukuran paling diinginkan karena dikeluarkan Google yang notabene search engine paling banyak dipakai pengguna internet. Kebetulan, beberapa waktu lalu Blog Bisnis Internet dan Motivasi Sukses milik Mas Ali Yusrie, mengucapkan selamat kepada The Next Success Blogger Mas Dafid yang sekalipun blognya baru dalam tahap pre-launch, namun telah mendapat pagerank 2. Untuk itu, secara khusus, artikel yang membahas tentang pagerank ini dipersembahkan kepada prestasi Mas Dafid tersebut.
Baiklah mari kita kuak segala hal seputar Google PageRank.
Apa itu pagerank?
Mungkin sebagian rekan-rekan sudah tahu itu pagerank. Namun tak ada salahnya bila saya ulas sedikit arti pagerank agar rekan-rekan yang lain lebih bisa memahaminya.
PageRank merupakan algoritma penganalisis link untuk menentukan tingkat pentingnya sebuah blog/situs web di mata Google. Kata “page” sendiri berasal dari nama salah satu pendiri Google, Larry Page. Skala angka yang digunakan dari 1 sampai 10. Semakin besar angkanya, maka dianggap makin penting menurut Google.
Salah satu cara Google menentukan pagerank adalah dengan mempertimbangkan link masuk (incoming link). Contohnya seperti yang saya lakukan di atas dengan meletakkan link ke blog Mas Ali dan Mas Dafid. Bagi keduanya, link tersebut merupakan link masuk. Sedang bagi JokoSusilo.com merupakan link keluar. Sederhananya bisa diartikan, Google menilai kalau JokoSusilo.com memberi “suara” kepada blog DafidRiau.com dan AliYusrie.com. Makin banyak link masuk yang diterima, Google akan makin memperhitungkan pagerank blog tersebut.
Dan selain kuantitas link, Google juga menilai kualitas pemberi “suara”. Bagi yang keranjingan PageRank, hal di atas biasanya dihindari. Mengapa? Karena blog yang pagerank-nya lebih tinggi memberikan link ke yang pagerank-nya lebih rendah. Atau dengan kata lain, blog yang pagerank-nya lebih rendah terangkat reputasinya di mata Google, namun yang pagerank-nya lebih tinggi akan tertahan.
Namun selama ini saya tak terlalu mempedulikan hal tersebut. Yang terpenting bagi saya, selama link yang ditautkan bisa memberikan tambahan informasi atau memperlengkap informasi bagi pengunjung, itu jauh lebih utama.
Apa kegunaan PageRank?
Menurut beberapa sumber, makin tinggi pagerank blog anda, robot search engine akan lebih cepat mendatangi blog anda. Artinya, posting-posting terbaru anda akan tampil lebih cepat di search engine. Pagerank juga penting bagi blog yang bersaing di keyword yang tingkat persaingannya tinggi.
Selain itu, pagerank tinggi diburu oleh mereka yang mencari penghasilan dari blog lewat menjual link atau mengikuti program paid review. Blog ber-pagerank tinggi biasanya akan lebih mudah mengikuti program-program tersebut dan mendapatkan tarif yang lebih tinggi. Masih kaitannya dengan meraih penghasilan dari blog, blog ber-pagerank bisa dijadikan komoditas untuk diperjualbelikan.
Bagaimana cara meningatkan PageRank?
Beberapa tips dan trik meningkatkan pagerank sudah pernah dibahas di Blog Bisnis Online Mas Zamahsari, Blog Mr Mung, dan Blog JokoSusilo.com. Silakan disimak.
Terakhir, pesan saya, tak perlu terlalu merisaukan pagerank. Karena cepat atau lambat, asal ACTION anda benar, pasti pagerank blog anda meningkat. Sebab, Google pun tak mengupdate pagerank setiap hari, namun rata-rata dalam jangka 3-4 bulan sekali. Lebih dari itu, selain tak semua indikator pengukuran pagerank diketahui, saya yakin algoritma pengukuran pagerank juga akan terus berkembang dan berubah.

Salam Sukses!!

Sumber Info:http://www.jokosusilo.com/2009/11/25/duel-google-vs-bing-ronde-2/

1 komentar:

Blogger mengatakan...

If you are looking for the #1 Bitcoin advertising network, visit MellowAds.

Populer Posting

Mengenai Saya

Foto saya
Life is a success, success if we can always grateful grace of God every second every time, or success if we can share the happiness of others, success is because of Life was created by God with full success:-)