Minggu, 07 November 2010

Inilah 10 Tips Membuat Karakter dan Brand Blog yang Kuat

Apa kabar rekan-rekan semua? Semoga selalu dalam keadaan baik. Kali ini saya akan memposting satu hal yang sangat penting dalam dunia blogging, yaitu tentang karakter blog. Oke mungkin blog anda sudah mulai menghasilkan uang, mungkin juga anda bisa membuat banyak blog semau anda, tapi tanpa memiliki karakter yang kuat, blog anda akan sulit menjadi blog sukses spektakuler. Pengunjung hanya akan datang sekali dan (mungkin) tak akan pernah kembali lagi.
Kalau anda masih ingat di Rahasia Blogging pernah saya kuak bagaimana rahasia agar pengunjung datang kembali ke blog anda. Juga saya sampaikan bagaimana untuk mempopulerkan blog anda.
Ada yang tanya apa pentingnya pengunjung kembali lagi dan lagi?
Jelas banyak manfaatnya. Kalau anda punya toko atau warung, pasti anda ingin warung atau toko anda selalu ramai. Kalau bisa bahkan seharian pengunjung tidak beranjak dari toko anda. :)
Begitupun dengan blog. Blog memang bukan toko online sekalipun bisa juga difungsikan untuk itu jika diinginkan. Namun yang jelas dalam pengalaman saya blog punya kekuatan untuk melakukan soft selling secara dahsyat.
Untuk itulah pentingnya memiliki karakter blog yang kuat. Dari karakter itu akan terbentuk brand blog anda. Sehingga pengunjung akan lebih mengenal jati diri anda. Dengan lebih dikenal, pengunjung akan memilih untuk selalu mendatangi blog anda.
Seperti halnya kalau saya tanya,”apa saja merk pasta gigi yang anda ingat?” pasti anda akan menyebutkan beberapa saja. Tak lebih dari 10 merk saya yakin. Pengaruh top of mind itu bisa ikut berdampak pada pemilihan pasta gigi yang anda beli ketika belanja.
Bisa jadi memang ada merk pasta gigi yang lebih anda kenal tapi tidak anda pilih untuk membeli. Penyebabnya bisa karena faktor tertentu, seperti pricing atau alasan tertentu dari yang masih masuk nalar sampai yang kadang sifatnya sangat individual. Pernah seorang teman membeli suatu produk, hanya karena produk yang sama dimiliki oleh artis pujaannya. Atau ada juga teman yang cerita kalau temannya membeli suatu produk hanya karena ada motif kucingnya. Konsumen kadang memang sukar ditebak kemauannya. :)
Namun yang jelas, punya blog berkarakter kuat banyak mendatangkan manfaat, antara lain:
  • Membuat brand blog anda lebih jelas, sehingga tak membingungkan pengunjung.
  • Membuat kepribadian anda terpancar kuat melalui blog anda, sehingga anda menjadi seseorang dan bukan orang kebanyakan.
  • Punya suara yang lebih didengar pengunjung.
Mungkin anda bertanya, “apa saya bisa membuat blog saya seperti itu?”
Simak sepuluh tips membuat karakter dan brand blog yang kuat berikut ini.
  1. Jadilah diri anda sendiri yang terbaik. Lebih mudah untuk menjadi diri anda sendiri daripada menjadi orang lain. So, tampilkan diri anda yang terbaik lewat blog anda.
  2. Jelaskan siapa anda. Siapa anda? Kenapa anda ngeblog? Apa yang ingin anda bicarakan lewat blog anda? Apa hal terbaik yang ada pada diri anda? Katakan lewat blog anda.
  3. Tulis sesuai a anda. Isi posting seperti a anda biasanya. Tidak perlu a yang dibuat-buat. Setiap orang punya anya sendiri.
  4. Galang komunitas. Cari orang-orang yang memiliki minat dengan anda dan galang komunitas. Itu akan ikut membantu perkembangan blog anda.
  5. Jalin hubungan. Banyak teman itu banyak rejeki!
  6. Ungkapkan pendapat. Jangan malu-malu. Keluarkan isi kepala anda dan bagikan kepada pengunjung.
  7. Interaksi. Kembangkan interaksi dengan pengunjung blog anda.
  8. Tak perlu pusing. Kalau ada yang tak sepaham atau tak setuju dengan pendapat anda, tak perlu pusing. Yang penting lakukan hal terbaik yang bisa anda perbuat untuk sharing dengan orang lain.
  9. Tahu siapa pengunjung anda. Anda tahu siapa para pengunjung blog anda dan apa kebutuhan mereka. Dengan begitu, anda bisa berikan informasi yang sesuai untuk mereka.
  10. Ambil target lebih tinggi. Sudah merasa target blogging anda tercapai? Coba ambil target yang lebih tinggi. Selalu ada cara untuk mengasah kemampuan anda lebih baik. Jangan pernah puas dan berhenti ACTION!
Itu sepuluh tips membuat karakter dan brand blog yang kuat. Semoga bermanfaat dan salam ACTION!

Sumber Info : http://www.jokosusilo.com

Tidak ada komentar:

Populer Posting

Mengenai Saya

Foto saya
Life is a success, success if we can always grateful grace of God every second every time, or success if we can share the happiness of others, success is because of Life was created by God with full success:-)