Jumat, 03 Desember 2010

19 Tips Sukses Bob Sadino



Saya baru saja tabloid CashBack edisi November 2010 dan di dalamnya ada artikel tentang 19 tips sukses Bob sadino yang menurut saya layak untuk saya bagi di sini. Berikut kutipannya.

1. Realisasikan ide secara maksimalSebenarnya setiap orang itu memiliki potensi dan impiannya masing-masing. Hanya saja yang menjadi kendala adalah impian-impiannya nya itu tidak pernah di coba untuk di realisasikan. Ada pepatah bijak mengatakan, “ide-ide kecil yang terlaksana lebih baik dari ide-ide besar tapi belum di ungkapkan.”
2. Harus berani memulai
sebagian orang mungkin merasa bahwa bisnis itu adalah dunia yang bebas, tidak menentu pendapatannya sehingga takut untuk terjun ke dalamnya. Ini yang menjadi penghambat seseorang untuk bisa memulai bisnisnya
3. Jangan terlalu banyak analisis
sebagian orang mungkin merasa bahwa jika mencoba berbisnis mereka tidak akan mendapat pendapatan yang pasti seperti orang-orang kantoran atau takut rugi jika bisnisnya gagal. Justru inilah penghambat, kuncinya adalah JUST DOIT ! urusan hasil tergantung dari kerja keras dan usaha kita.
4. Jangan ingin serba instant
fenomena masyarakat kita yang memiliki antusianme besar terhadap acara seperti Indonesian Idol atau reality show yang berbau pencarian bakat menunjukkan bahwa masih banyak orang-orang yang ingin mencapai kesuksesan secara instant. Padahal sesuatu yang di dapatkan secara mudah akan menghilang dengan cara yang mudah juga dan tentu ini tidak akan membentuk karakter manusia yang tangguh.
5. Bermimpi besar
kita lihat dari film sang Pemimpi bahwa kekuatan mimpi itu bisa menjadi pembakar semangat kita untuk meraih cita-cita. Ketiga sahabat itu memiliki mimpi besar untuk bisa melanjutkan studi hingga ke luar negeri dan akhirnya tercapai. Bill Gates, diawal karirnya pernah bermimpi bahwa setiap rumah akan memiliki computer dan ini terbukti.
6. Jangan terpaku pada pendidikan
Tidak jarang fenomena masyarakat kita yang bisa menjadi sukses tanpa meilihat latar belakang pendidikannya lihat saja Sujiwo Tejo yang berlatar pendidikan matematika, malah sukses menjadi seniman. Tidak selamanya latar belakang pendidikan menentukan karir kita ke dapan.kecuali untuk karir di bidang pendidikan.
7. Be positive thinking
Thomas Alfa Edison melakukan 999 kali percobaan tetapi masih gagal. Beliau berkata, “ Aku berhasil menemukan 999 cara yang gagal dalam pembuatan lampu.” Ini menunjukkan kekuatan berpikir positive akan memudahkan langkah kita.
8. Bekerja Sama
manusia adalah makhluk social sehingga tidak bisa bekerja sendirian. Manusia saling membutuhkan, bohong besar jika ada seseorang yang men-klaim dirinya sukses atas usahanya sendiri, pasti di dalam kesuksesannya itu terapat orang-orang yang membantu dia, baik secara langsung maupun tidak.
9. Tahu tentang kewirausahaan
kita infin berperang tetapi tidak mengetahui siapa musuh kita, itu merupakan kesalahan besar. Jika kita ingin memasarkan produk kita, tentu kita harus tahu pasar. Jangan sampai setelah terjun ke lapangan kita mengalamai kelabakan karena tidak hapal medan.
10. Fokus
Mungkin karena sifat ingin buru-buru kaya, kita mengambil spsialisasi bisnis terlalu banyak sehingga hasilnya pun tidak maksimal karena tidak bisa di jalani secara focus. Akibatnya kosentrasi terpecah, msih mending jika usahanya sukses, tetapi bagaimana jika keduanya gagal?
11. Peduli Konsumen
Pembeli adalah raja. Bob sSadino ini adalah orang yang memperhatikan konsumen. Caci maki dari seorang pembantu rumah tangga ia jadikan masukan bagi manajemen pemasarannya. Ia menjadikan keluhan konsumen sebagai masukan dan langkah perbaikan kedepannya.
12. Utamakan Kualitas
Beliau sangat memperhatikan kualitas barang yang akan di jual. Beliau tidak ingin mengecewakan konsumen dengan barang yang rusak atau catat.
13. Kerjakan Semua Dengan Tuntas
Tidak bekerja setengah-setengah, apabila telah memulai usaha maka bekerjalah dengan seirus. Jangan sampai berhenti di tengah jalan karena akan menyia-nyiakan harta, tenaga, waktu yang telah kita kerahkan untuk memulai bisnis.
14. Pandai menempatkan Prioritas
Urutan kerja di urut berdasarkan prioritas sehingga tidak ada pekerjaan menumpuk di akhir-akhir.
15. Kerja Keras Dan Kerja Cerdas
Banyak orang yang merasa telah bekerja keras namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Missal saja nahasiswa tingkat akhir yang mengejar kelulusan di bulan Juli ini, walaupun ia tergolong mahasiswa yang memiliki IPK di atas rata-rata, bagaimana jika ia lupa memperhatikan jumlah SKS-nya ? mungkin saja ia tidak jadi lulus Juli karena kurang 1 SKS saja. Ia lupa berkerja cerdas, lupa strategi.
16. Tidak Mencampur Adukan Uang Probadi dengan Perusahaan
Hal ini bisa memacu tindakan korupsi, walaupun dalam jumlah yang kecil. Uang perusahaan bisa saja tercampur denga uang pribadi karena terdapat keteledoran dalam hal pencatatan keuangan. Sebaiknya rekeningnya di pisah, untuk memudahkan pengaturan keuangan juga.
17. Jangan Menyerah
Kegagalan adalah bumbu kehidupan, kegagalan membuat kita bisa mnjadi manusia tangguh

18. Selalu Melibatkan Allah Dalam Setiap Aktifitas

Dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang. Dalam segala aktifitas kita akan bernilai ibadah.
19. Berprilaku Baik
Inilah mata uang berlaku dimana saja. Dengan perilaku yang baik, masyarakat akan menaruh kepercayaan kepada kita sehingga orang-orang akan percaya akan kredibilitas kita. Kita pun bisa dengan mudah masuk dalam lingkungan masyarakat.
( Dikutip Dari Tabloid CASHBACK Edisi I November 2010 )

Tidak ada komentar:

Populer Posting

Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.

Mengenai Saya

Foto saya
Life is a success, success if we can always grateful grace of God every second every time, or success if we can share the happiness of others, success is because of Life was created by God with full success:-)