Pertumbuhan pengguna layanan jejaring sosial dan komunitas di Indonesia sangat pesat belakangan ini. Tak heran jika kemudian sejumlah operator telekomunikasi berlomba untuk menjaringnya.
Pesatnya pertumbuhan mungkin bisa mengacu pada situs jejaring Facebook yang kini memiliki pengguna aktif lebih dari 11 juta di Indonesia. Jumlahnya meningkat 13 kali lipat dibanding akhir 2008 lalu yang hanya berkisar 800 ribu.
Selain untuk bersilaturahim dengan kawan dan kerabat, jejaring sosial juga kerap digunakan sebagai media untuk saling berinteraksi dengan para netter yang memiliki persamaan minat. Maka, terbentuklah beragam komunitas di Internet yang jumlahnya kian banyak.
Potensi ini yang kemudian dibidik sejumlah operator. Telkomsel adalah contoh paling anyar. Operator ini coba mengoptimalkan kembali MyPulau, situs jejaring sosial dan komunitas yang telah dibangunnya sejak 2007.
"Sejak dirintis 2007 lalu, pengguna www.MyPulau.com telah mencapai satu juta. Peluncuran kembali ini merupakan perbaikan yang keempat kalinya," ungkap Adam Achmad, Manager Digital &; Interactive Media Telkomsel, kepada detikINET, baru-baru ini di Jakarta.
Untuk membangun kembali situs 'one stop destination' tersebut, Telkomsel kemudian menggandeng PT Access Mobile Indonesia untuk mengembangkan konten yang bisa dinikmati pelanggan dan komunitas berdasarkan minatnya.
MyPulau menawarkan fitur seperti Social Status Integrator, My Interests, dan My Buys. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat memanfaatkan profil uniknya yang terintegrasi dengan berbagai situs jejaring sosial untuk menciptakan komunitas pertemanan sendiri, menulis blog, serta bertransaksi dalam forum jual beli secara e-commerce.
Fitur serupa juga ditawarkan Telkom melalui Mojopia. Namun Adam menegaskan kalau situs yang dibangun Telkomsel tidak akan bersaing langsung dengan portal seharga US$ 2 juta yang dibangun Telkom, induk perusahaannya.
Pada kesempatan lain, Group Head Brand Marketing Indosat Teguh Prasetya mengungkapkan, aksi membuat situs jejaring sosial juga telah dirintis oleh Indosat dengan nama www.kongkoow.com. Situs itu lebih membidik konten musik dan video.
"Sejak diluncurkan tahun lalu sudah menghasilkan uang ratusan juta rupiah bagi Indosat," ungkapnya.
Pengembangan selanjutnya yang dilakukan Indosat adalah membuat situs tersebut dapat diakses oleh pengguna mobile setelah sebelumnya hanya bermain di segmen layar lebar (large screen) luar ruang.
"Pengguna internet dengan large screen hanya sekitar tiga juta. Jika ingin mengembangkan usaha harus membidik pelanggan mobile," ujarnya lebih lanjut.
Jelas, situs jejaring yang dibangun ketiga operator telekomunikasi terbesar di Indonesia itu ditujukan untuk membidik pelanggan baru, khususnya dari segmen komunitas.
"Kami tidak menutup kesempatan bagi pelanggan operator lain untuk bergabung di MyPulau. Namun pastinya kami akan membuat program khusus bagi pelanggan Telkomsel yang akan membuat iri para pelanggan operator lain," kata Adam.
Persaingan hebat memperebutkan pelanggan komunitas lewat jejaring sosial seharusnya jadi kabar baik bagi pelanggan. Sebab, pada akhirnya, pelanggan juga yang akan menikmati buah dari persaingannya.
detikcom - Senin, 16 November
Sumber Info"http://id.news.yahoo.com/dtik/20091116/ttc-berlomba-menjaring-pelanggan-komunit-f0a1c5d.html"
SUKSES-SUKSES ADALAH-SUKSES MUDA-SUKSES WIRAUSAHA-SUKSES AREA-SUKSES SEHAT-SUKSES INFO-MOTIVASI SUKSES-KISAH SUKSES-SUKSES BLOGGER-SUKSES BISNIS-SUKSES SUKSES TEKNOLOGI-SUKSES INTERNET-SUKSES PARIWISATA-SUKSES FINANCIAL-SUKSES SPRITUAL
SUKSES AREA ARTIKEL
Rabu, 25 November 2009
Berlomba Menjaring Pelanggan Komunitas
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Populer Posting
-
Indonesia masih berada di peringkat kedua di dunia. Jumlah penggunanya 31.784.080. Logo Facebook (collegebein...
-
VIVAnews - Google baru-baru ini menyatakan siap mengundurkan diri dari China dan menutup seluruh operasional mereka di sana. Alasannya, rak...
-
Ciptakan Kedamaian dan Cintai Anak Kita tanpa Syarat! Dunia akan sulit berdamai jika kita masih saja membodohi anak-anak tercinta kita untuk...
-
Pengertian zakat & Macam-macamnya APAKAH PENGERTIAN ZAKAT ITU? Zakat adalah salah satu rukun Islam yang lima. Zak...
-
PayPal adalah jasa penengah atau biasa disebut dengan istilah “broker” paling populer di dunia saat ini untuk transaksi online. Paypal da...
-
Saat ini HP menjadi saalah satu hal yang paling krusial dalam aktivitas kita sehari-hari. Hubungan dengan klien, kerabat, dan keluarga sem...
-
Bisnis MLM baru yang akan segera di luncurkan di tahun ini yaitu 0mlm akan ditayangkan pada tanggal 4 Juli 2011. Mumpung masih pra peluncur...
-
Bisnis internet dunia kian meriah. Perubahan terus terjadi di segala lini. Setiap pihak melakukan ACTION strategi bisnis internet untuk menc...
-
Postingan dibawah ini saya copi paste dari pak Lim yang artikelnya membikin jantung berdetak kencang seperti genderang yang mau perang heheh...
-
Temen-teman pengunjung setia blogku mungkin ada yang bosan tapi saya doakan supaya tidak bosan dan selalu ceria:_)posting dibawah ini hasil ...
Mengenai Saya

- M.Bayu Aji
- Life is a success, success if we can always grateful grace of God every second every time, or success if we can share the happiness of others, success is because of Life was created by God with full success:-)
1 komentar:
Kira-kira siapa ya pemenangnya???
Posting Komentar